• Einheit 1.Exploring Our Digital Planet
Komputer berkembang karena kebutuhan manusia untuk menghitung. Sebenarnya alat untuk menghitung telah ditemukan bertahun-tahun yang lalu, tapi komputer baru ditemukan sekitar tahun 1940an. Komputer mengalami perkembangan menjadi makin kecil, makin murah dan makin efisien. Orang-orang pun memakai komputer untuk berbagai keperluan.


Komputer saat ini memiliki banyak bentuk dengan fungsi yang spesifik. Mainframe computer dan super computer contohnya, lebih cepat dan lebih bertenaga daripada komputer yang kecil dan diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan  yang membutuhkan pengendali bagi banyak tugas contohnya perusahaan faceboook. Komputer-komputer seperti inilah yang pertama kali ditemukan. namun kemudian komputer berkembang menjadi semakin kecil, PC dan alat-alat genggam lain menyediakan kemampuan seperti komputer namun yang tidak membutuhkan kemampuan setara dengan mainframe computer. Mikroprosessor sekarang tidak hanya digunakan dalam komputer, juga dipakai di alat lain, yang menjadi alasan cepat berkembangnya teknologi.


Hubungan dengan komputer lain menjadi penting. sehingga berkembanglah jaringan. Jaringan memudahkan pemakai untuk berbagi sumber daya dan memfasilitasi komunikasi antar komputer........bersambung hehe








Einheit 2.Hardware Basics: Inside the box...


yak...secara singkat,, bab ini menjelaskan  tentang bagaimana si komputer itu menyimpan dan memanipulasi informasi, trus menjelaskan struktur dasar dan organisasi pad komputer sama fungsi2 und interaksi pasa sistem komputer..gitchuw


jadii... ringkasnya yah:


  • komputer itu memanipulasi corak dari bits (binary digits of information) ituloh yang isinya cuma angka 0101 aja..
  • CPU itu mengikuti instruksi perangkat lunak, dikurangi jadi stringbits untuk melakukan penhitungan dan manipulasi logis yang mentransformasikan input data menjadi output
  • tidak semua CPU kompatibel satu sama lain.
  • CPU menggunakan: 
  • RAM (random access memory) sebagai penyimpanan sementara daerah-pad-untuk scratch instruksi dan dataROM (read-only memory), yang berisi informasi berubah yang berfungsi sebagai bahan referensi untuk CPU karenamengeksekusi instruksi programCPU dan memori utama disimpan dalam chip silikon pada motherboard.







Einheit 3. Hardware Basics: Peripherals

pada bab ini akan dipelajari tentang  beberapa contoh perangkat input dan menjelaskan kenapa beda tipe bisa ngasih info yang beda ke komputer, trus output yang bikin komputer makin berguna, sama menjelaskan kenapa beda tipe komputer beda juga tipe penyimpanannya..

  • pernagkat penyimpanan mampu berkomunikasi dua arah dengan komputer karena kecepatan tinggi kemampuan akses acak mereka.
  • disk magnetik adalah bentuk paling umum  dari penyimpanan pada komputer modern.
  • koneksi jaringan memungkinkan komputer untuk berkomunikasi  satu sama lain secara langsung.
aaah.. abis belajar bab ini tuh saya jadi keingetan sama suatu kartun jepang yang ceritanya itu suatu saat mainan yang lagi ngetren adalah boneka yang dia cuma bisa digerakin kalau boneka itu disambungin ke otak manusia gitu,, judulnya Angelic Layer karya Clamp... mau saya bahas tapi ga disini yaa


Add caption









Einheit 4.  Software Basics: Ghost in the machine
pada bab ini kita belajar tentang:
- 3 kategori fundamendal dari software dan hubungan''nya
-  hubungan algoritma dengan software
- peran sistem operasi dengan sistem komputer modern
- bagaimana sistem file diorganisasikan
rangkuman bab ini...
Compiler dan program penerjemah lainnya, yang memungkinkanprogrammer untuk membuat perangkat lunak lain
Perangkat lunak aplikasi, yang berfungsi sebagai alat produktivitas untuk membantu pengguna komputer memecahkan masalah
Sistem perangkat lunak, yang mengkoordinasi operasiperangkat keras dan melakukan pekerjaan di belakang layar
Sistem operasi populer termasuk Windows, Mac OS X, UNIX,dan Linux.
 pengguna antarmuka adalah komponen komunikasi penting dalam sistem operasi, aplikasi, bahasa pemrograman, dan utilitas.
 antarmuka di masa depan cenderung mengandalkan grafis tiga dimensidan animasi untuk menciptakan realita virtual.
Pembajakan perangkat lunak adalah perhatian utama di industri komputer.

pada bab yang berbicara tentang sofware ini mendadak saya ingat tentang sofware vacaloid yaitu sofware dimana kita bisa membuat lagu sendiri kemudian "artis " virtual yang akan menyanyikannya untuk kita,, yang hebatnya vocaloid ini sampai sudah ada konser "nyata"nya dan banyak sekali penontonnya...saya sampai merinding..
jangan-jangan nanti artis "nyata" bisa tergeser oleh popularitas artis virtual...
ini adalah salah satu konser artis visual Hatsune Miku yang suaranya paling "manusiawi" di antara artis virtual lainnya


lihat video vocaloid
vocaloid concert
vocaloid concert 2







Einheit 5. Productivity Application

pada bab ini dipelajari tentang bagaimana pengolah kata dan perangkat lunak desktop publishing telah merevolusi menulis dan penerbitan.
mendiskusikan dampak potensial dari desktop publishing dan penerbitan Web pada konsep kebebasan pers.
Berspekulasi tentang perkembangan masa depan dalampengolah kata dan penerbitan digital


 rangkuman bab ini...
  • Meskipun komputer dirancang untuk bekerja dengan angka, dapat menjadi alat yang penting untuk bekerja dengan kata-katajuga.
  • Perangkat lunak pengolah kata memungkinkan Anda untukmenggunakan perintah untuk mengedit teks pada layar, tanpa harus mengetik ulang pesan.
  • Menguraikan perangkat lunak, pengecek ejaan, dan referensionline bisa sangat membantu.
  • Desktop publishing profesional menghasilkan kualitas teks-dan-grafis dokumen.
  • Spreadsheet dapat digunakan untuk pelacakan, menghitung, peramalan, dan hampir setiap tugas lain yang melibatkanperhitungan numerik yang berulang-ulang. Program spreadsheetyang paling memiliki kemampuan charting.
  • Perangkat lunak khusus memungkinkan untuk melakukan tugas akuntansi, persiapan pajak, dan berbagai fungsi bisnistanpa bantuan spreadsheet.
  • Perangkat lunak matematika dan statistik-analisis simbolik dapat membantu menyajikan data dalam cara yang berarti.
  • Perangkat lunak visualisasi Ilmiah dapat membantu kita memahami hubungan yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
  • Pemodelan dan simulasi komputer dapat menjadi alat yang kuat untuk memahami dunia dan membuat keputusan yang lebih baik





Einheit 6. Graphics, Digital Media, and Multimedia

Berikut beberapa software grafik yang digunakan oleh pelukis, fotografer, desainer, dan lainnya:
-Painting Softwaresoftware melukis yang gambarnya dilukiskan dengan menggunakan pointing device. Contohnya adalah Paint.
-Image Processorsoftware untuk memanipulasi foto dan gambar beresolusi tinggi. Contohnya adalah Adobe Photoshop.
-Photo Management Softwaresoftware untuk menangkap, mengatur, mengubah, dan membagi gambar-gambar digital. Contohnya adalah Apple iPhoto dan Microsoft PictureIt!
-3D Modeling Softwaresoftware untuk membuat objek tiga dimensi dengan alat-alat yang mirip dengan drawing software.
-Computer Aided Design (CAD) Softwaresoftware untuk membuat desain suatu produk di layar, mulai dari chip komputer sampau sebuah bangunan.


Dengan adanya software-software tersebut, manusia dapat melukis atau mendesain suatu grafik dengan mudah, dan menghemat biaya dan waktu, serta lebih akurat pada setiap detail grafiknya.

Bahan-bahan multimedia yang dapat dibuat komputer adalah seperti lukisan(seni), komik digital(hiburan), gambar anatomi tubuh manusia(edukasi) dan diagram/charts(bisnis).

Hypermedia menggabungkan teks, angka, grafik, animasi, suara, musik, dan media lainnya di dalam hyperlinked document, sementara multimedia mengkombinasikan semuanya yang membuat user dapat ikut serta di dalam pengalamannya tersebut.

Teknologi multimedia pada saat ini dapat dilihat dengan presentasi menggunakan program presentasi dan program grafik di dalam meeting. Di masa yang akan datang, sebagian besar manusia dapat memakai virtual reality (gabungan jaringan dengan dunia virtual) dan augmented reality (penambahan informasi kedalam presepsi sensorik seseorang).











Einheit 7.Database Application and Privacy 

Implications

Database program adalah software untuk mengatur penyimpanan data dan mengambil informasi.

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan secara beraturan didalam sebuah komputer. Biasanya terdiri dari satu tabel atau lebih, baik itu informasi yang berelasi, atau kumpulan record(informasi yang berelasi kepada suatu hal). Setiap potongan dari record disebut field. Data yang dapat ditampung didalam field bergantung pada tipe field atau tipe datanya. Field dapat diatur tanpa menggantikan data yang terdapat didalamnya.

Database program dapat menyediakan lebih dari satu cara untuk melihat data, baik secara form(satu demi satu) atau list(lebih dari satu, mirip spreadsheet). 

Operasi Database dapat berupa Import(menerima data dalam bentuk teks),Browse(melakukan navigasi terhadap berbagai informasi), dan Query(menemukan record yang cocok dengan kriteria tertentu), serta Sort(menngatur data berdasarkan parameter tertentu).

Sebagian besar database management programs menggunakan bahasa pemograman queries standar yang disebut Structured Query Language (SQL). Ini membuat programmer dapat mengatur database mereka dengan lebih mudah.

Beberapa program database mempunyai tujuan khusus, misalnya specialized database software(untuk mengatur data yang spesifik), geographical information systems/GIS (menyediakan data geografis dan demografis dalam bentuk peta), dan personal information manager/PIM(pengatur elektronik)

Database juga dapat berupa file manager(mengerjakan satu data saja) ataudatabase management system/DBMS(memanipulasi banyak data, dan menhubungkannya jika diperlukan). DBMS dapat digunakan secara interaktif, atau dikontrol secara langsung oleh program lainnya.

Database dapat membuat hidup menjadi lebih mudah dan aman, seperti menggunakan search engine untuk mencari sebuah informasi, atau menggunakan GPS sebagai penunjuk arah kita jika tersesat. Di dalam waktu yang sama, database juga dapat mengancam privasi kita, seperti melakukan upload foto ke Facebook, foto tersebut dapat dilihat oleh siapapun, dan meskipun kita telah membuat foto tersebut hanya bisa dilihat oleh kita, pemilik database Facebook dapat melihat foto kita, dan dapat menggunakan foto tersebut sesuka hati mereka






Einheit 8. Networking and Digital 


Communication

Sebuah jaringan komputer adalah sistem dari dua atau lebih komputer yang terhubung bersama-sama.

Dalam sebuah jaringan area lokal (LAN) komputer secara fisikdekat satu sama lain, biasanya di gedung yang sama.
Komputer yang terhubung dalam cluster gedung
Setiap komputer dan perifer adalah individu node padajaringan.
Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) menghubungkan dua atau lebih LAN dalam sebuah kota.
Sebuah jaringan area luas (WAN) meluas lebih dari jarak jauh.
Setiap situs jaringan LAN merupakan node di WAN.
Data yang dikirimkan melalui jalur umum yang disebut tulang punggung.

Node dihubungkan dengan kabel, yang mungkin baik twisted pair (kabel tembaga) atau kabel koaksial.

Dalam sebuah jaringan nirkabel setiap node memiliki radio kecil(atau, kurang umum, inframerah) pemancar terhubung ke portjaringan.
Komputer mengirim dan menerima data melalui udara daripada melalui kabel.

Bahaya network communication:
Banyak pelayanan kita untuk diberikan pada hari-video rental, TV kabel, koran, dan majalah, misalnya-akan diubah atau digantikan oleh digital high-bandwidth sistem pengiriman interaktif masa depan.
Pada saat yang sama, bentuk yang sama sekali baru komunikasi yang mungkin muncul.
Teknologi telekomunikasi sangat cepat berubah kehidupan kita,dan perubahan akan mempercepat sebagai teknologi membaik.
Cookie - Dapat digunakan oleh snoopers untuk mendapatkaninformasi tentang Anda
Nirkabel masalah akses, keamanan, dan privasi
Bahaya terlalu banyak mem-posting informasi di blog dan situs web
Kecanduan Internet - Beberapa pemain game menghabiskan 40-80 jam seminggu online
Virtual Sweatshops





Einheit 9. the Evolving Internet

Internet adalah jaringan dari jaringan yang menghubungkansemua jenis komputer di seluruh dunia dan menggunakanprotokol standar untuk memungkinkan komunikasi internet terjadi.
  • Tidak ada organisasi tunggal memiliki atau mengendalikanInternet.


  • kita dapat terhubung ke Internet dalam beberapa cara yang memberikan derajat yang berbeda dari akses ke layanan Internet.

  • Aplikasi Internet yang paling didasarkan pada klien / server model.

  • Web menggunakan satu set protokol untuk membuat berbagai layanan Internet dan dokumen-dokumen multimedia yang tersedia untuk pengguna melalui antarmuka titik-dan-kliksederhana.

  • Selain situs web, berbagai aplikasi yang dibangun di atasprotokol Internet dan Web. Sebagai contoh, orang yangmenggunakan Web bergantung pada mesin pencari untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

  • Peer-to-peer dipopulerkan oleh musik-sharing, tapi aplikasi yangmelampaui berbagi musik.


  • Banyak perusahaan mencari cara untuk menerapkan teknologi P2P.Komputasi grid komputasi melampaui P2P dengan memungkinkan orang untuk berbagi daya prosesor

Masalah internet: Dilema Etis dan Politik

  • Penyaringan perangkat lunak untuk memerangi konten yang tidak patut
  •  uang tunai digital untuk melakukan transaksi online lebih mudah dan aman
  • Enkripsi perangkat lunak untuk mencegah pencurian kartu kredit
  • Tanda tangan digital untuk mencegah pemalsuan email
  • Akses dan sensor
  • Kesenjangan digital








Einheit 10. Computer Security and Risks

Kejahatan komputer, atau cybercrime, mengacu pada setiap kejahatan yang melibatkan komputer dan jaringan . Komputer mungkin telah digunakan dalam komisi kejahatan, atau mungkin target.  Netcrime mengacu pada eksploitasi pidana Internet  Kejahatan semacam itu dapat mengancam keamanan bangsa dan kesehatan keuangan..  Isu seputar jenis kejahatan telah menjadi profil tinggi, terutama yang retak sekitarnya, pelanggaran hak cipta, pornografi anak, dan anak perawatan.Ada juga masalah privasi ketika informasi rahasia yang hilang atau disadap, secara sah atau sebaliknya.
Internasional, baik pemerintah dan aktor-aktor non-negara terlibat dalam kejahatan dunia maya, termasuk spionase, pencurian keuangan, dan lain kejahatan lintas batas. Aktivitas melintasi perbatasan internasional dan melibatkan kepentingan setidaknya satu nationstate kadang-kadang disebut sebagai perang cyber. Sistem hukum internasional berusaha untuk menahan pelaku bertanggung jawab atas tindakan mereka melalui Pengadilan Pidana Internasional 
Kejahatan komputer mencakup berbagai kegiatan. Umumnya, bagaimanapun, dapat dibagi menjadi dua kategori:. (1) kejahatan yang komputer target secara langsung; (2) kejahatan difasilitasi oleh jaringan komputer atau perangkat, target utama yang independen dari jaringan komputer atau perangkat 

Kejahatan yang terutama menargetkan jaringan komputer atau perangkat meliputi:

  • Virus komputer
  • Denial-of-service serangan
  • Malware (kode berbahaya)
  • Kejahatan yang menggunakan jaringan komputer atau perangkat untuk memajukan tujuan lain meliputi:
  • Cyberstalking
  • Penipuan dan pencurian identitas
  • Informasi perang
  • Phishing penipuan
 SpamSpam, atau mengirim email massal yang tidak diminta untuk tujuan komersial, adalah melanggar hukum di beberapa yurisdiksi. Sementara undang-undang anti-spam yang relatif baru, batas komunikasi elektronik yang tidak diminta telah ada selama beberapa waktu.

Penipuan
Artikel utama: penipuan KomputerPenipuan komputer adalah setiap keliru jujur ​​fakta dimaksudkan untuk membiarkan yang lain untuk melakukan atau menahan diri dari melakukan sesuatu yang menyebabkan hilangnya [kutipan diperlukan] Dalam konteks ini, penipuan akan menghasilkan mendapatkan manfaat dengan.:Mengubah masukan komputer dengan cara yang tidak sah. Hal ini memerlukan sedikit keahlian teknis dan bukan merupakan bentuk biasa dari pencurian oleh karyawan mengubah data sebelum entri atau memasukkan data palsu, atau dengan memasukkan instruksi yang tidak sah atau menggunakan proses yang tidak sah, Mengubah, merusak, menekan, atau mencuri output, biasanya untuk menyembunyikan transaksi yang tidak sah: ini sulit untuk mendeteksi, Mengubah atau menghapus data yang tersimpan, Mengubah atau menyalahgunakan alat sistem yang ada atau paket perangkat lunak, atau mengubah atau menulis kode untuk tujuan penipuan.

Bentuk lain dari penipuan dapat difasilitasi dengan menggunakan sistem komputer, termasuk penipuan bank, pencurian identitas, pemerasan, dan pencurian informasi rahasia.Berbagai penipuan internet target konsumen langsung.
 konten Vulgar atau menyinggungIsi dari situs web dan komunikasi elektronik lainnya dapat menjijikkan, cabul atau menyinggung untuk berbagai alasan.Dalam beberapa kasus komunikasi ini mungkin ilegal.Lebih dari 25 yurisdiksi menempatkan batasan pada pidato tertentu dan larangan rasis, menghujat, politik subversif, memfitnah atau memfitnah materi, hasutan, atau inflamasi yang cenderung menghasut kejahatan kebencian.

Sejauh mana komunikasi ini melanggar hukum sangat bervariasi antara negara, dan bahkan dalam negara. Ini adalah daerah sensitif di mana pengadilan dapat terlibat dalam menengahi antara kelompok dengan keyakinan yang kuat.Salah satu bidang pornografi internet yang telah menjadi target upaya terkuat di kurtailmen adalah pornografi anak.


 PelecehanSedangkan konten mungkin menyinggung dalam cara non-spesifik, pelecehan mengarahkan kata-kata kotor dan komentar menghina pada individu tertentu berfokus misalnya pada jenis kelamin, ras, agama, kebangsaan, orientasi seksual. Hal ini sering terjadi di chat room, melalui newsgroup, dan dengan mengirim benci e-mail ke pihak yang berkepentingan (lihat cyber bullying, cyber mengintai, pelecehan oleh komputer, membenci kejahatan, predator Online, dan menguntit). Setiap komentar yang mungkin ditemukan yang merendahkan atau menyinggung dianggap pelecehan.


perdagangan ObatPengedar narkoba semakin mengambil keuntungan dari Internet untuk menjual zat-zat ilegal mereka melalui e-mail terenkripsi dan lain Internet penyelundup narkoba Technology.mengatur transaksi di warung internet, menggunakan situs Web untuk melacak kurir paket ilegal pil, dan resep swap untuk amfetamin di Pembatasan akses chat room.Kenaikan dalam perdagangan obat Internet juga dapat dikaitkan dengan kurangnya tatap muka komunikasi. Pertukaran ini virtual memungkinkan orang lebih takut untuk lebih nyaman membeli obat ilegal. Efek samar yang sering dikaitkan dengan perdagangan obat sangat diminimalkan dan proses penyaringan yang dilengkapi dengan interaksi fisik memudar pergi.


Cyber ​​terorismePejabat pemerintah dan spesialis Teknologi Informasi keamanan telah mendokumentasikan peningkatan yang signifikan dalam masalah Internet dan scan server yang sejak awal tahun 2001.Tapi ada kekhawatiran di antara pejabat federal [siapa?] Bahwa gangguan tersebut merupakan bagian dari upaya yang diselenggarakan oleh cyberterrorists, layanan intelijen asing, atau kelompok lain untuk memetakan lubang keamanan potensial dalam sistem kritis. Cyberterrorist adalah seseorang yang mengintimidasi atau memaksa pemerintah atau organisasi untuk memajukan tujuan politik atau sosial-nya dengan meluncurkan komputer berbasis serangan terhadap komputer, jaringan, dan informasi yang tersimpan pada mereka.Cyber ​​terorisme secara umum, dapat didefinisikan sebagai tindakan terorisme yang dilakukan melalui penggunaan sumber daya dunia maya atau komputer (Parker 1983). Dengan demikian, propaganda sederhana di Internet, bahwa akan ada serangan bom selama liburan dapat dianggap cyberterrorism.Serta ada juga kegiatan hacking diarahkan kepada individu, keluarga, diselenggarakan oleh kelompok-kelompok dalam jaringan, cenderung menyebabkan ketakutan antara orang-orang, menunjukkan kekuasaan, mengumpulkan informasi yang relevan untuk menghancurkan kehidupan manusia, perampokan, pemerasan dllCyberextortion adalah bentuk cyberterrorism di mana sebuah situs web, e-mail server, atau sistem komputer mengalami penolakan berulang-ulang layanan atau serangan lain oleh hacker jahat, yang menuntut uang sebagai imbalan untuk menjanjikan untuk menghentikan serangan. Menurut Biro Investigasi Federal, cyberextortionists semakin menyerang website perusahaan dan jaringan, melumpuhkan kemampuan mereka untuk beroperasi dan menuntut pembayaran untuk mengembalikan layanan mereka. Lebih dari 20 kasus dilaporkan setiap bulan kepada FBI dan banyak tidak dilaporkan dalam rangka untuk menjaga nama korban keluar dari domain. Pelaku biasanya menggunakan serangan denial-of-service terdistribusi. 











Einheit 11. Computers at Work, School, and Home.


 Teknologi Informasi adalah memiliki pengaruh besar pada cara kita hidup dan bekerja. Hal ini mungkin banyak tantangan keyakinan, asumsi, dan tradisi.

Pabrik modern otomatis menggunakan komputer pada setiaptingkat operasi.
Kantor hari ini lebih mungkin untuk menekankan jaringan PC danworkstation untuk komputasi perusahaan terdesentralisasi;sejauh ini, prediksi komputer didukung kerja koperasi luas dan kantor tanpa kertas belum menjadi kenyataan.



bertumbuhanya jumlah pekerja menggunakan komputer untuk bekerja pada bagian-atau rumah penuh waktu, tinggal di kontakdengan kantor mereka melalui internet.
Dampak komputer bervariasi dari satu pekerjaan ke pekerjaan.
Masalah terbesar dari otomatisasi mungkin eliminasi pekerjaan.


Dalam era informasi, ketika siswa dapat mengharapkan untukmengubah pekerjaan beberapa kali, kita perlu sekolah yang mengajarkan keakraban teknologi, melek huruf, matematika, budaya, komunikasi, pemecahan masalah, dan yang paling penting, kemampuan untuk belajar dan beradaptasi denganpernah-mengubah dunia.
Jelas, teknologi komputer dapat memiliki dampak pendidikan yang positif, tetapi komputer saja tidak bisa menjamin perbaikan.
Sejumlah kecil namun tumbuh dari keluarga yang menggunakankomputer rumah untuk aplikasi bisnis dasar, pendidikan, aksesinformasi, komunikasi, hiburan, dan kegiatan kreatif; semua alat-alat ini secara radikal akan mengubah sebagai teknologiberkembang selama dekade berikutnya.









Einheit 12.  Information System in Business


     Sebuah sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling terkait yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan dengan melakukan tiga fungsi dasar: input, proses, dan output.
Sebuah sistem dapat menjadi subsistem dari sistem lain dan dapat berinteraksi dengan sistem lain dalam lingkungannya.
Organisasi bisnis juga dapat dilihat sebagai sistem.
Sebagai subsistem dari organisasi bisnis yang lebih besar,sistem informasi adalah seperangkat bagian-bagian yang saling terkait yang bekerja sama untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menggunakan produk informasi.
Komunikasi antara organisasi ditingkatkan dengan data elektronik interchangeManagers memiliki pekerjaan rumit yang melibatkan fungsi dan peran yang membutuhkan komunikasi danpengambilan keputusan.
Sebuah organisasi memiliki tiga tingkatan manajemen:operasional, taktis, dan strategis.
Seorang manajer menggunakan sistem manajemen informasi (MIS) untuk membuat keputusan terstruktur pada tingkat operasional dalam suatu organisasi.
Seorang manajer menggunakan sistem pendukung keputusan(DSS) untuk membuat keputusan semiterstruktur di tingkat taktisdalam suatu organisasi.

    Sebuah sistem pendukung keputusan kelompok (GDSS) digunakan untuk meningkatkan pengambilan keputusankolaboratif dalam tim.
Sebuah sistem informasi geografis (GIS) mendukungpengambilan keputusan dengan peta dan informasi spasial lainnya.
Seorang manajer menggunakan sistem informasi eksekutif (EIS)untuk membuat keputusan terstruktur pada tingkat strategisdalam suatu organisasi.
Sebuah sistem informasi strategis adalah sistem informasi yangpenting untuk keberhasilan kompetitif perusahaan.
Sebuah organisasi biasanya menciptakan TI secara keseluruhanrencana sebelum pengembangan sistem tertentu












Einheit 13. Electronic Commerce and E-Business


E-commerce adalah berbagi informasi bisnismenjagahubungan bisnisdan melakukan transaksi bisnis melaluipenggunaan jaringan telekomunikasiterutama internet.
E-commerce adalah juga tentang reorganisasi proses bisnis internalmembina aliansi bisnis eksternaldan menciptakankonsumen baru yang berorientasi produk.
Ada tiga utama konfigurasi e-commerce menggunakan internet:intranetextranetdan situs Web publik


Sebuah intranet adalah sebuah sistem informasi internaldidasarkan pada teknologi Internet, termasuk protokol TCP / IP dan alat-alat Webyang mendukung kegiatan rantai nilai antara individu dan departemen dalam sebuah organisasi.
Intranet terdiri dari teknologi fisik dan isi informasi.
Sebuah extranet adalah sistem informasi pribadiinterorganisasional menghubungkan intranet dari dua atau lebih perusahaan dalam sebuah aliansi bisnis.


Extranet memperluas kegiatan lintas-fungsional antara mitrabisnis yang terpercaya dan memfasilitasi hubungan kerja mereka.
E-commerce juga berarti melakukan transaksi bisnis dengan pelanggan.
Meskipun e-commerce telah banyak persyaratan teknisserver Web dan e-commerce persyaratan perangkat lunak sangatpenting.
Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di Internet harus mengembangkan kode etik informasi yang memastikan bahwapengguna dari situs Web akan menyadari  kebijakan perusahaan e-commerce.





Einheit 14. System Design and Development


Pemrograman komputer adalah bentuk khusus dari pemecahan masalah yang melibatkan mengembangkan algoritma untuk memecahkan masalah. Kebanyakan programmer gunakan berulang kali penyempurnaanbertahap untuk memecah masalah menjadi lebih kecil, masalahlebih mudah dipecahkan.
Bahasa komputer telah berevolusi melalui beberapa generasi,dengan setiap generasi mudah digunakan dan lebih kuatdaripada yang datang sebelumnya. Bahasa paling modern mendorong pemrograman terstruktur.


Banyak aplikasi mengandung built-in bahasa makro, bahasa scripting, dan bahasa query yang memberikan kekuasaanpemrograman untuk pengguna. Pemrograman berorientasi obyek (OOP) alat memungkinkan programmer untuk membangun program dari benda-bendadengan sifat dan memberikan kemampuan untuk mengirim pesan bolak-balik; banyak yang percaya bahwa OOP merupakan masa depan pemrograman.
Program merupakan bagian dari sistem informasi yang lebih besar.


Ilmuwan komputer bertanggung jawab untuk perangkat lunak dan konsep yang membuat semua pengembangan perangkat lunaklainnya mungkin. Salah satu masalah yang paling menantang yang dihadapi ilmu komputer adalah masalah keandalan perangkat lunakSebagai lembaga manusia lebih dan lebih bergantung pada sistem komputer, hal ini menjadi semakin penting bagi para ilmuwan komputer untuk menemukan cara untuk membuat perangkat lunak yang dapat dipercaya.






Einheit 15. Is Artificial Intellegences Real??


Beberapa peneliti AI mencoba untuk mensimulasikan perilaku cerdas manusia, tetapi kebanyakan mencoba untuk merancangmesin cerdas independen dari cara orang berpikir.
Sukses penelitian AI umumnya melibatkan bekerja padamasalah dengan domain yang terbatas daripada mencoba untukmengatasi besar, terbuka masalah. Program AI menggunakan berbagai teknik, termasuk mencari,heuristik, pengenalan pola, dan pembelajaran mesin, untuk mencapai tujuan merekaPeneliti AI telah mengembangkan berbagai skema untuk mewakili pengetahuan dalam komputer


Kita juga akan melihat lebih terdistribusi konsep kecerdasan-AIditerapkan untuk jaringan daripada komputer individu.

Robot adalah mesin dikendalikan komputer yang dirancang untuk melakukan tugas manual spesifikSebagai kemajuan teknologi robot, pekerja buatan akanmelakukan pekerjaan manusia yang lebih tradisional.

Terlepas dari berbagai kesulitan AI peneliti temui ketikamencoba untuk memproduksi mesin yang benar-benar cerdas,banyak ahli percaya bahwa orang pada akhirnya akan menciptakan makhluk buatan yang lebih cerdas daripadapencipta-prospek mereka dengan implikasi mengejutkan





{dari buku Tomorrow Technology and You, Pearson, Tenth Edition
besonderer Dank gilt  (special thanks to) Pak Armein Z. Langi,, makasih atas pengajarannya satu semester ini, bapak menyampaikan dgn sgt baik...^^}